Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Cube Test

Tips Mencuci Pakaian Olahraga

Written By GOJEK #GolekRejeki on Monday, 27 July 2020 | 20:32

Tips  Mencuci Pakaian Olahraga


Tips  Mencuci Pakaian Olahraga
Saat ini, terjadi perubahan gaya hidup manusia. Olahraga bukan hanya dipandang sebagai sarana kebugaran tubuh saja, tapi juga untuk sarana bersosialisasi. Oleh karena itu, trend pakaian olahraga berkembang dengan cukup pesat, baik dari varian, warna, jenis bahan dan lain sebagainya. Hanya saja berkembangnya trend pakaian olahraga tersebut tidak diimbangi oleh pengetahuan yang cukup dalam merawat pakaian olahraga. Berikut ini adalah Tips Mencuci Pakaian Olahraga agar awet dan tidak mudah rusak. 

1. Jangan Tumpuk Pakaian Kotor Terlalu Lama Sebelum Dicuci
Pakaian olahraga yang habis digunakan biasanya akan lembab karena keringat. Apabila pakaian tersebut dibiarkan bertumpuk dengan pakaian yang lain akan menjadi media yang banyak disukai oleh bakteri. Ujung-ujungnya akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Agar pakaian olahraga tidak menjadi media tumbuh dan berkembangnya bakteri, maka setelah digunakan sebaiknya pakaian digantung dan diangin-anginkan dulu. Setelah kering baru bisa dicampur dengan pakaian kotor lainnya.

2. Bersihkan Mesin Cuci  Sebelum Digunakan
Sebenarnya ini adalah tindakan umum, jadi gak harus dilakukan sebelum mencuci pakaian olah raga saja. Materi kotoran yang tertinggal dalam mesin cuci juga berpotensi menjadi tempat yang disukai oleh bakteri. Selain bisa menjadi sumber bau tidak sedap, kotoran yang ada di mesin cuci juga bisa mengotori pakaian lainnya.

3. Periksa Label Perawatan Bahan Pakaian
Setiap jenis pakaian, biasanyamemerlukan perawatan yang berbeda, termasuk ketika mencuci, menjemur, menyetelika dan lain sebagainya. Di setiap pakaian pada umumnya tertempel label yang berisi jenis kain serta tata cara perawatannya. Jadi sebelum mencuci pakaian olahraga kita harus melihat terlebih dahulu pedoman perawatannya.

4. Pisahkan Dengan Pakaian Lainnya
Biasanya, pakaian olahraga memiliki tekstur khusus yang berbeda dengan pakaian lainnya. Banyak pakaian olah raga yang mudah sobek dan kain menjadi kasar apabila dicuci bersama dengan pakaian lainnya. Hal itu terjadi ketika pakaian olahraga kita bergesek dengan pakaian lainnya. Oleh karena itu, jika tidak memungkinkan untuk dicuci secara terpisah, pakaian olahraga bisa dimasukkan ke dalam tas jala atau tas dari bahan katun jika ingin dicuci bersama dengan pakaian lainnya.

5. Irit Dalam Menggunakan Detergen
Mengingat karakteristik pakaian olahraga yang berbeda dengan pakaian lain, maka sebaiknya janggan menggunakan detergen terlalu banyak ketika mencucinya. Penggunaan detergen yang tidak beraturan banyaknya, akan membuat serat kain terurai dan jadi rusak. Selain itu, detergen yang berlebihan bisa memicu munculnya residu pada kain yang dapat merusak mesin dan pakaian olah raga kita. 

6. Hindari Penggunaan Pelembut Kain
Pelembut kain ternyata tidak direkomendasikan untuk digunakan pada pakaian olah raga. Residu yang ditinggalkan dari pelembut kain dan tinggal di kain dalam waktu cukup lama, bisa mengganggu penyerapan keringat ketika digunakan berolah raga. Selain itu, pelembut kain juga bisa menimbulkan bekas noda pada pakaian khususnya yang bahannya dari kain sintetis.

0 comments:

Post a comment