Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Cube Test

Manfaat Olahraga bagi Ibu Hamil

Written By GOJEK #GolekRejeki on Tuesday, 16 June 2020 | 04:48

Manfaat Olahraga bagi Ibu Hamil


Manfaat Olahraga bagi Ibu Hamil
Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang baik dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kekuatan tubuh.  Oleh karena itu, direkomendasikan bagi kita untuk rutin melakukan olah raga sesuai dengan hobi dan kegemaran kita. Dan ternyata, bagi wanita yang sedang hamil atau mengandung, tetap dianjurkan untuk melakukan olah raga secara rutin. Tentu saja olahh raga yang bolehh dilakukan yang sifatnya ringan seperti jalan santai, menari,  senam kegel, yoga,  renang dan olahraga ringan lainnya. Adapun manfaat olah raga bagi ibu hamil antara lain:

Meningkatkan Energi Tubuh dalam Masa Kehamilan
Sebenarnya, ketika dalam kondisi hamil seorang ibu tidak boleh mengalami kelelahan, sehingga istirahat yang cukup menjadi kunci utama. Namun demikian, olahraga bagi ibu hamil tetap diperlukan. Tentu saja olahraga yang ringan dan tidak terlalu melelahkan. Olahraga yang dilakukan secara rutin bisa menjaga tubuh untuk tetap fit dan bugar.  Kondisi ini terjadi karena dengan melakukan olahraga secara rutin, sistem kardiovaskularakan semakin kuat  sehingga membuat ibu hamil tidak mudah lelah. 

Memperbaiki istirahat atau tidur 
Dengan berolahraga, maka tubuh akan merespons positif dengan gerak. Ibu hamil misalnya bisa melakukan olahraga jalan santai di pagi hari atau di sore hari. Dengan tubuh yang terasa bugar, maka pikiran otomatis akan menjadi lebih tenang. Dalam kondisi ini, ibu hamil akan lebih mudah untuk beristirahat atau tidur.

Memperbaiki suasana hati dan mengurangi risiko depresi 
Hasil rekomendasi dari para ahli, dengan melakukan olahraga secara rutin, tubuh akan diraangsang untuk menghasilkan hormon endorfin. Yaitu salah satu jenis hormon yang mampu membuat pikiran lebih tenang, bahagia, hingga mengurangi stres, cemas atau depresi. Selain itu kondisi tenang dan rileks akan membuat istirahat dan tidur menjadi lebih berkualitas. 

Mencegah kenaikan berat badan berlebih dan bayi lahir dengan berat badan lebih
Kondisi ini sebenarnya tidak hanya berlaku pada ibu hamil saja. Apabila kita secara rutin berolahraga, akan bisa membakar lemak dan menjaga berat badan tetap ideal. Bagi ibu hamil, berat badan yang berlebih memang harus dihindari, oleh karena itu salah satu solusinya yaitu dengan melakukan olah raga secara rutin.  Selain itu, olahraga yang dilakukan selama masa kehamilan bisa membantu mengrangi risiko bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata-rata atau fetal macrosomia. Hal ini terjadi karena kemampuan tubuh ibu hamil dalam menjaga  kadar gula darah terkendali apabila berolah raga secara rutin. Kadar gula darah tinggi dan diabetes selama masa kehamilan merupakan faktor risiko yang paling besar memiliki bayi dengan berat badan berlebih.

Megurangi sakit punggung maupun nyeri pada bagian tubuh lainnya
Kadangkala ibu yang sedang hamil mengalami sakit punggung atau nyeri pada bagian tubuh yag lain. Salah satu penyebab sakit atau nyeri yang terjadi adalah adanya ketegangan pada otot, sehingga perlu melakukan kegiatan yang bisa melatih kekuatan otot dan meredakan ketegangan otot. Dan olah raga secara rutin merupakan solusinya. 

Mencegah dan Mngatasi  Sembelit atau Konstipas
Beberapa Ibu hamil, mengalami sembelit yang disebabkan oleh tingginya kadar hormon progesteron, melambatnya pergerakan makanan melalui saluran pencernaan serta adanya tekanan pada dubur. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat dan rutin melakukan olahraga sembelit akan bisa dicegah atau diatasi. 

Mengoptimalkan Perkembangan Otak Janin
Berdasarkan literatur yang ada, olahraga yang dilakukan ibu hamil secara rutin ternyata mampu menjaga perkembangan janin dalam kandungan. Bayi berusia sepuluh hari memiliki tingkat kematangan otak yang lebih baik apabila ibunya rajin berolahraga selama masa kehamilan dibandingkan dengan yang tidak. Kondisi inilah yang nantinya akan memberi  pengaruh positif pada kemampuan pendengaran, penglihatan, serta motorik si Kecil di masa pertumbuhannya. 

Mempermudah Proses Persalinan
Dengan melakukan olahraga seecara rutin, maka stamina ibu hamil akan selalu terjaga. Demikian juga  kekuatan otot yang diperlukan tubuh saat menjalani persalinan dan pasca persalinan. Olahraga yang dilakukan secara teratur bisa membuat otot panggul dan jalan lahir ibu hamil menjadi lebih kuat danjuga menjadikan  sistem peredaran darah semakin lancar.

Mempercepat pemulihan Pasca Persalinan
Dengan terjaganya kebugaran selama kehamilan seorang ibu yang baru saja melahirkan memiliki potensi pulih lebih cepat. Oleh karena itu, olahraga rutin yang bisa menjaga kebugaran tubuh direkomendasikan para ahli bagi ibu hamil.

0 comments:

Post a comment