Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Cube Test

Dampak Menggunakan Make-up Saat Pakai Masker

Written By GOJEK #GolekRejeki on Sunday, 31 May 2020 | 11:28

Dampak Menggunakan Make-up Saat Pakai Masker


Dampak Make-up bagi Masker
Adanya pandemi global berupa tersebarnya virus Corona atau yang biasa disebut dengan Covid-19 menjadikan banyak sekali perubahan dalam perilaku masyarakat. Bukan hanya di Indonesia, tapi terjadi di hampir semua negara diseluruh penjuru dunia. Tatanan hidup baru yang diistilahkan oleh presiden kita Joko Widodo dengan nama New Normal menjadi sebuah kajian menarik karena mau-tidak mau harus diikuti oleh semua orang demi bertahan hidup. Salah satu hal baru yang harus kita lakukan sebagai antisipasi wabah Corona adalah penggunaan masker (minimal masker kain) dalam setiap aktivitas. Saat ini masker menjadi piranti wajib bagi kita semua ketika melakukan aktivitas di luar rumah. Hal ini terjadi untuk memperkecil peluang terpaparnya virus covid melalui doplet yang tersebar ketika orang yang terpapar corona batuk, bersin, berbicara bahkan bernafas.

Penggunaan masker bagi kaum wanita ternyata memberi warna tersendiri. Apalagi bagi kaum hawa yang terbiasa merias wajah dengan make-up ketika beraktivitas di luar rumah. Dan sebenarnya bukanlah hal yang tabu apabila kita masih mengandalkan make-up untuk mempercantik diri kita meskipun diharuskan memakai masker. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila kita harus memadukan masker dan make-up dalam upaya memberikan penampilan yang terbaik dari riri kita.

1. Make-up dapat mengotori masker, sehingga mengurangi kinerjanya dalam menyaring udara
Make-up yang menempel pada masker khususnya masker kain bisa merusak bahan sehinggga membuat kain penghalang jadi kurang efektif. Bebrapa jenis make-up seperti  lipstik, blush on, foundation hingga tinted sunscreen bahkan produk pria seperti krim aftershave ternyata dapat  mengurangi kemampuan kerja masker.  

2. Bagi paramedis, masker yang terkena make-up dianggap sudah terkontaminasi
Pemakaian masker medis ternyata lebih sulit daripada masker buat orang biasa. Berbagai perlakuan harus dilakukan agar masker yang dipakai tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Salah satu hal yang dihindari juka kita menggunakan masker medis adalah adanya kontak langsung masker dengan bahan-bahan yang dapat mencemari termasuk make-up. Beberapa zat yang terkandung dalam make-up ternyata bisa memberikan efek buruk bagi paramedis 

3. Memakai masker wajah di atas riasan ternyata dapat menimbulkan reaksi kimia
Beberapa jenis riasan/ make-up menggunakan senyawa kimia yang dalam kondisi normal tidak berbahaya. Akan tetapi, bagi beberapa jenis senyawa, sentuhan dengan beberapa jenis kain ataupun adanya halangan dari udara luar kadangkala menimbulkan reaksi kimia yang kontraproduktif terhadap tubuh kita. 

Demikian tadi beberpa hal yang harus kita waspadai apabila ingin tampil cantik dengan beberapa sentuhan make-up meskipun menganakan masker. Semoga bisa bermanfaat. 


0 comments:

Post a comment