Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Cube Test

Beda Parfum, Cologne dan Eau de Toilette

Written By GOJEK #GolekRejeki on Friday, 14 February 2020 | 02:24

Beda  Parfum, Cologne dan Eau de Toilette


Beda  Parfum, Cologne dan Eau de Toilette
Hampir semua orang pasti akrab dengan benda cair yang menimbulkan wewangian tertertu ini. Adalah parfum, salah satu benda yang saat ini menjadi kebutuhan tersendiri bagi beberapa orang sebelum pergi ke luar rumah. Walaupun hampir semua orang sekarang menggunakan parfum setiap hari, tetapi masih banyak juga yang belum mengetahui bahwa parfum memiliki berbagai jenis dengan kadar wewangian yang berbeda pula.Aroma parfum bisa menyatu dengan aroma tubuh, bahkan bisa membuat aroma tubuh menjadi lebih kuat. Tapi dengan syarat, dapat memilih aroma parfum yang sesuai dengan aroma tubuh kita.

Dan ternyata, parfum hanyalah salah satu jenis wewangian yang ada di dunia ini. Selain parfum ada eau de parfum, eau de cologne, eau de toilette dan Eau Fraiche. Berikut cara mudah membedakan antara  Parfum, Cologne dan Eau de Toilette

1. Parfum
Parfum merupakan salah satu  jenis pewangi tubuh yang paling umum atau paling sering ditemukan di pasaran. Harga dari parfum bervariasi ada yang bisa dibilang murah hingga beberapa merek yang membanderol parfum mereka dengan harga yang sangat mahal.
parfum memiliki konsentrasi minyak atsiri tertinggi, sekitar 20% hingga 30%, menghasilkan aroma yang menjadikannya lebih persisten dan tahan lama. Parfum memiliki konsentrat paling tinggi dan zatnya paling halus di antara jenis pewangi tubuh lainnya. Jika kita menggunakan parfum,  aromanya bisa bertahan di  kulit selama kurang lebih 6 jam dan apabila disemprotkan ke pakaian, dapat bertahan lebih dari sehari.  Hal ini menjadikan parfum sebagai wewangian yang paling mahal dari semua pilihan wewangian yang ada.

2. Eau De Parfum
Berbeda dengan parfum, kadar zat minyak dalam eau de parfum sedikit lebih rendah, yakni sekitar 15% hingga 20%. Oleh karena itu, wewangian ini hanya bisa bertahan selama sekitar 4 jam pada kulit. Bila dibandingkan dengan parfum, eau de parfum relatif ringan dan dapat digunakan pada siang hari.

3. Eau de toilette
Eau de toilette pertama kali diproduksi pada Abad ke-14 dan juga disebut heavenly water atau "air surgawi". Saat ini, eau de toilette adalah jenis parfum ringan yang mengandung 5% hingga 15% esensi parfum murni yang dilembutkan dengan alkohol. Dengan kandungan alkohol yang tinggi sementara konsentrat bibit parfumnya yang cukup rendah, Bmembuataroma eau de toilette bertahan sekitar 2 hingga 3 jam dan meninggalkan jejak yang memikat, yang membuatnya cocok untuk dipakai sehari-hari selama musim panas. Meski daya tahan wangi yang bisa dibilang sebentar, eau de toilette merupakan salah satu jenis pewangian tubuh yang paling populer karena harganya yang cenderung murah. Sebutan eau de toilette sendiri berasal dari istilah Prancis faire sa toilette yang artinya bersiap-siap. Karena teksturnya lebih encer dibandingkan dengan parfum, EDT biasanya dijual dalam kemasan spray. Ketika pertama kali disemprotkan, EDT mengeluarkan aroma segar, akan tetapi dengan adanya kandungan alkohol yang tinggi membuatnya menguap dari kulit dengan cepat.  

4. Eau de Cologne
Cologne berasal dari kota Köln, Jerman, tempat jenis wewangian itu pertama kali dibuat. Di tempat asalnya, ada campuran wewangian tertentu yang termasuk dalam kategori khusus eau de cologne dengan ciri yang sangat ringan, segar, dan umumnya beraroma buah-buahan seperti lemon, bergamot, jeruk, maupun neroli. Saat ini, eau de cologne diartikan sebagai wewangian beraroma ringan, segar atau buah, terdiri dari 2% hingga 4% minyak esensial dengan alkohol dan air. Biasanya aroma eau de cologne bertahan selama sekitar 2 jam. Aroma ringan ini sering digunakan oleh orang yang lebih muda. Sekarang, eau de cologne atau cologne sudah dikategorikan sebagai jenis parfum yang paling encer. Cologne jarang sekali berharga mahal, namun tetap menjadi pilihan masyarakat karena identik dengan jenis wewangian untuk anak muda.

5. Eau Fraiche
Eau fraiche diterjemahkan sebagai fresh water atau "air tawar" dan mewakili pilihan parfum paling ringan. Konsentrasi komponen minyaknya adalah sekitar 1% hingga 3%. Jejak wangi yang diaplikasikan pada kulit akan bertahan selama kurang dari satu jam, membuat jejak aromatik praktis yang tidak bisa dibedakan. Aromanya biasanya sederhana dan menyegarkan. Harga eau fraiche umumnya lebih murah dan dapat digunakan kapan saja, termasuk selama olahraga atau kegiatan aktif lainnya.

0 comments:

Post a comment