Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Cube Test

Hal-hal yang berpengaruh terhadap kesehatan lidah kita

Written By GOJEK #GolekRejeki on Sunday, 29 December 2019 | 22:02

Hal-hal yang berpengaruh terhadap kesehatan lidah kita



Lidah merupakan salah satu organ pencernakan yang sangat penting bagi tubuh kita. Melalui lidah kita dapat merasakan makanan yaitu manis, masam, asin, pedas dan lain sebagainya yang ujung-ujungnya menentukan keputusan apakah makanan itu enak atau tidak. Oleh karena itu lidah sangat berperan terhadap selera dan pola makan seseorang. Agar lidah selalu sehat dan berfungsi dengan maksimal, maka kita perlu menghindari kegiatan-kegiatan yang bisa menurunkan kinerja lidah kita, yaitu:

1.    Makan secara berlebihan
Banyak orang yang belum tahu jika ternyata makan berlebihan bisa mengganggu iinerja dan kesehatan lidah kita.  Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Disease in Childhood menyatakan bahwa anak-anak yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) ternyata kurang mampu mengidentifikasi rasa, seperti manis, asin, asam dan pahit dibandingkan dengan anak-anak yang berat badannya normal.  Hal itu juga sesuai dengan anggapan yang berlaku di masyarakat bahwa bagi orang yang doyan makan, semua makanan akan terasa enak dan enak sekali

2.    Merokok
Banyak efek negatif yang didapatkan para perokok bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan lidah. Lawrence Savoy, seorang peneliti dari University of Connecticut's Taste and Smell Centre mengemukakan bahwa Nikotin dalam tembakau dapat menyumbat tunas-tunas pengecap pada lidah dan menyebabkan penurunan sensitivitas rasa.  Oleh karena itu tidaklah salah apabila para perokok selalu memeriksakan lidahnya secara rutin untuk meminimalisasi kerusakan lidah.

3.    Mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis
Sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis ternyata dapat mengurangi sensitivitas lidah untuk mengenali rasa manis.  Dan inilah yang bisa menyebabkan seseorang kecanduan terhadap gula.  Hal ini juga senada dengan penelitian yang dilakukan di University of Bangor di Wales, dimana orang yang minum lebih dari 2 gelas minuman manis per hari ketajaman indra perasanya akan berkurang 4 minggu kemudian.

4.    Mengonsumsi terlalu banyak garam dan makanan olahan
sebagaimana mengkonsumsi banyak gula, mengkonsumsi banyak garam dan makanan olahan ternyata juga bisa berpengaruh negatif terhadap kondisi kesehatan lidah kita. Jika ketika makan kita selalu menambahkan banyak garam ke dalam makanan, selera kita akan beradaptasi dengan makanan asin dan akan harus menambahkan lebih banyak garam ke dalam makanan dari waktu ke waktu.  Makanan olahan juga mengandung terlalu banyak garam, sehingga akan lebih sehat jika kita memasak sendiri makanan dan menyesuaikan berapa banyak garam yang tambahkan.

5. Mengonsumsi obat tertentu
Sebagian besar dipengaruhi oleh bau, sehingga ada korelasi yang cukup erat antara indra penciuman dan indra perasa.  Saat ini banyak sekali jenis obat yang dapat mempengaruhi indra penciuman seseorang dan dikhawatirkan jika kita mengkonsumsi obat tersebut dalam jangka waktu panjang akan berpengaruh negatif terhadap kesehatan lidah kita.  Beberapa contoh obat yang bisa mempengaruhi indra penciuman antara lain: jenis antihistamin, antidepresan, obat penurun lipid dan jenis obat yang lain.


0 comments:

Post a Comment