Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Cube Test

Obat Batuk Berdahak Tradisional untuk Anak-Anak

Written By GOJEK #GolekRejeki on Thursday, 31 October 2019 | 05:48

Obat Batuk Berdahak Tradisional untuk Anak-Anak


batuk berdahak pada anak

Salah satu penyakit yang banyak dan sering di derita oleh manusia adalah batu. Sehingga tidaklah  mengherankan apabila banyak yang abai ketika didera penyakit tersebut.  Batuk, khususnya  Batuk berdahak merupakan penyakit yang cukup mengganggu kegiatan sehari-hari.  Dan menurut beberapa ahli, batuk berdahak ternyata menjadi indikator atau tanda adanya infeksi virus atau bakteri, terutama pada anak-anak.  Agar batuk cepat reda, perlu diobati dengan obat-obatan yang dibeli di apotik, maupun obat tradisional yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah  obat batuk tradisional dan alami untuk anak-anak yang bisa diperoleh di sekitar kita :

1. Madu
Madu sudah dikenal sebagai obat sejak ribuan tahun yang lalu. Salah satu khasiyat dari madu adalah untuk mengatasi batuk berdahak. Kalian bisa langsung mengonsumsi madu alami atau dicampur dengan teh hangat.  Madu juga merupakan obat batuk alami untuk anak di atas usia 1 tahun. 

2. Jus Jeruk
Salah satu kandungan yang ada dalam Jus jeruk adalah vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi infeksi virus penyebab batuk berdahak deengan cepat. Untuk itu, jus jeruk bisa diminum dua kali sehari hingga gejala batuk dirasa membaik.

3. Air Putih Hangat

Air putih hangat bisa mengatasi tenggorokan yang kering dan meradang sebagai efek dari batuk berdahak. Selain itu, air putih juga bisa menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

4. Air Garam
Air garam memiliki fungsi untuk mengurangi dahak dan lendir yang ada di belakang tenggorokan dan bisa mengurangi keinginan untuk batuk. Untuk mengobati batuk berdahak, yang harus dilakukan yaitu dengan mencampur setengah sendok teh garam ke dalam air hangat, aduk hingga larut. Tunggu hingga air menjadi agak dingin dan kumur selama 30 detik.  Selanjutnya air tersebut digunakan untuk berkumur.
Yang perlu diingat, cara ini sebaiknya dilakukan untuk anak-anak yang sudah cukup besar dimana mereka bisa melakukan kumur dengan benar. Jangan sampai air garam tertelan, karena akan berbahaya bagi tubuh

5. Nanas
Tanpa kita sadari, ternyata nanas dapat digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Kandungan mengandung bromelain, enzim yang memiliki kemampuan anti peradangan   bisa menghancurkan

6. Uap Panas

salah satu khasiyat Uap panas yaitu untuk melegakan tenggorokan yang mengalami batuk berdahak. Untuk melakukannya yaitu dengan cara mandi atau berendam dengan air panas dan biarkan kamar mandi terisi dengan uap panas.  jika tidak memiliki bak untuk berendam, bisa juga dilakukan dengan  mengisi mangkuk besar dengan air panas. Campurkan minyak esensial seperti eukaliptus atau rosemary yang bisa melegakan tenggorokan.  Tempatkan wajah di atas mangkuk dan taruh handuk di kepala agar uap tidak keluar. Hirup uap selama lima menit. Jika uap terasa terlalu panas di kulit berhenti hingga kulit menjadi normal.

7. Probiotik

Probiotik mungkin tidak bisa menyembuhkan batuk berdahak secara langsung, tapi probiotik bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh dengan memperkuat bakteri baik di sistem pencernaan. 
Beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik tinggi antara lain yogurt alami, sup miso, kimchi, buttermilk dan masih banyak lagi.




0 comments:

Post a Comment