Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Cube Test

Membuat Anak yang Sehat dan Bugar melalui Prinsip 5S

Written By GOJEK #GolekRejeki on Wednesday, 17 October 2018 | 23:37

Membuat Anak yang Sehat dan Bugar 
melalui Prinsip 5S


 Anak yang sehat dan bugar pasti menjadi dambaan semua orang tua. Anak yang sehat dan bugar akan membuat pertumbuhannya berlangsung dengan maksimal dan juga berpengaruh terhadap perkembangan mental dan spiritualnya. Salah satu cara yang bisa kita lakukan sebagai orang tua agar anak-anak kita tumbuh menjadi pribadi yang sehat dan bugar yaitu dengan prinsip 5S.  Adapun prinsip 5S sebagaimana diterangkan oleh Dr dr Samuel Oetoro,MS, SpGK adalah sebagai berikut:

1.    Makan Sehat

Makan makanan yang sehat  menjadi prinsip yang pertama dalam menciptakan anak yang sehat dan bugar. Makanan yang sehat ternyata bisa di dapat dengan menerapkan prinsip 4J yaitu Jumlah, Jadwal, Jenis, dan Jurus Masak.
Jumlah makanan yang diasup harus seimbang dengan makanan yang dibakar menjadi energi. Artinya, anak harus berolahraga, karena jika tidak seimbang akan kegemukan.
Jadwal makan minimal tiga kali sehari, pada anak diselingi 2 kali snack time dengan snack yang sehat misalnya olahan buah.
Jenis makanan, harus  lengkap, di mana ada karbohidrat dan pilih yang tinggi serat, perbanyak konsumsi buah dan sayur, serta asup sumber protein.
Untuk jurus masak, baiknya hindari cara menggoreng dan mulai ganti mengolah makanan dengan cara dibakar, direbus, atau dikukus

2.    Berpikir Sehat

berpikir sehat  bisa lakukan dengan   tidak terlalu menuntut anak sehingga anak merasa bahagia. Jangan sampai anak-anak menjadi stres karena kita memberikan tuntutan dan target yang banyak bagi mereka, meskipun menurut kita sesuai dengan kemampuannya.

3.    Istirahat Sehat

Masa anak-anak merupakan masa peralihan dan pertumbuhan yang menuntut mereka untuk banyak diberikan istirahat.  Berikanlah  Istirahat sehat, untuk anak minimal tidur 8-10 jam sehari karena anak masih butuh growth hormone

4.    Aktivitas Sehat

Aktvitas sehat bisa dilakukan oleh orang tua untuk memberikan contoh kepada anak-anaknya.  Salah satu cara yang paling mudah yaitu dengan menemani anak untuk olahraga sekaligus ikut berolahraga bersama mereka. Dan ingat jika anak lebih senang melakukan olahraga yang bermain seperti bersepeda, main bola, atau badminton.

5.    Lingkungan Sehat
Lingkungan sehat  bisa diciptakan dengan menjaga kebersihan lingkungan baik itu dari sampah yang berceceran juga dari asap rokok yang berbahaya khususnya bagi anak-anak.  Di beberapa komunitas masyarakat sudah mulai menerapkan lingkungan sehat di lingkungan rumah maupun lingkungan tetangga dengan membuat tempat khusus merokok di rumah atau di pos kamling. 

Sumber: www. health.detik.com

0 comments:

Post a Comment