Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Cube Test

Hubungan antara Kesepian dan Kesehatan

Written By Blogger on Sunday, 5 November 2017 | 20:47

Hubungan antara Kesepian dan Kesehatan


Kesepian merupakan suatu perasaan yang dirasakan oleh seseorang karena tidak ada/ kurangnya interaksi dengan orang lain. Biasanya kesepian dialami oleh orang yang hidup sendiri atau menyendiri karena satu dan lain hal. Sebagai seorang wanita yang memiliki bakat terpendam untuk selalu berinteraksi dengan orang lain, kesepian menjadi salah satu momok bagi kita. Dan tahukah bunda, kalau teryata perasaan kesepian sangat mempengaruhi kesehatan seseorang? 

Berdasarkan penelitian para ahli yang dilansir dari Cheat Sheet, kesepian akan memberikan dampak yang cukup siginfikan terhadap kesehatan, antara lain:  

1.    Kesepian berpotensi melemahkan kekebalan tubuh

Kesepian yang disebabkan oleh minimnya interaksi antar manusia ternyata memiliki korelasi positif denngan berkurangnya sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Psychological Science, jika kita mengalami kesepian yang berujung pada stres, maka tubuh kita akan menghasilkan sejenis protein yang mampu menimbulkan peradangan sebagai respon dari perasaan kita. Dalam jangka waktu yang cukup lama, dengan adanya peradangan tersebut maka kekebalan yang dimiliki oleh tubuh kita akan mengalami penurunan sehingga leboh rawan terpapar penyakit.

2.    Kesepian bisa menimbulkan penyakit jantung
Perasaan sepi yang berpengaruh terhadap kenyamanan seseorang ternyata berkolerasi dengan kinerja jantung.  Perasaan esepian yang berujung pada stres ternyata bisa menimbulkan perangsangan saraf simpatis sehingga irama detak jantung menjadi tidak teratur yang berujung pada gangguan pembuluh darah jantung (penyakit jantung koroner). Selain itu kesepian juga bisa meningkatkan tekanan darah karena beban pikiran yang lebih besar daripada orang kebanyakan. 

3.    Kesepian bisa meningkatkan resiko demensia

Demensia merupakan suatu gejala yang disebabkan oleh penyakit atau kelainan pada otak yang ditandai dengan terganggunya mental seseorang sehingga menyebabkan gangguan berpikir, hilang ingatan dan perubahan sifat dan perilaku seseorang. Jika tidak ditangani, gejala demensia akan menjadi semakin buruk dan mengganggu kegiatan keseharian seseorang. Dan ternyata berdasarkan suatu penelitian yang dilakukan di Chicago Rush University Medical Center diketahui bahwa responden yang mengalamii kesepian memiliki potensi untuk menderita penyakit demensia dua kali lebih besar daripada responden yang memiliki kehidupan normal.  

4.    Kesepian bisa berpengaruh terhadap obesitas
Kesepian yang melanda seseorang biasanya akan membuatnya merasa malas untuk melakukan sesuatu khususnya kegiatan fisik. Dengan keterbatasan kegiatan fisik yang mereka lalukan, obesitas akan lebih mudah menghampirinya. Jadi bagi bunda dan mama yang sedang melakukan diet atau melawan obesitas, jangan sampai kesepian ya Bun n Mam ?

5.    Kesepian menjadi salah satu penyebab terbesar depresi
Kesepian dan depresi merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan, karena kebanyakan kesepian akan berujung pada depresi. Hal ini sebenarnya tidak hanya terjado pada orang dewasa saja, tapi juga terjadi pada anak-anak dan remaja yang sangat memerlukan interaksi dengan orang lain ketika mereka mulai dan sedang berkembang. 

So, bagai mana Bun dan Mam ? sudah paham kan arti penting interaksi dengan orang lain di sekitar kita ? So jangan lupa untuk selalu berhubungan dengan orang lain agar hidup kita selalu bahagia

0 comments:

Post a Comment