Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Cube Test

Tips Mengajarkan Anak untuk Menabung

Written By Blogger on Sunday, 13 August 2017 | 20:42

 Tips Mengajarkan Anak untuk Menabung 


Anak menabung
Masa anak-anak merupakan waktu yang sangat krusial karena pada saat itu anak-anak belajar tentang kondisi di sekitarnya yang akan menentukan karakter dan kebiasaan sampai dengan dewasa nantinya. Banyak hal yang bisa kita ajarkan pada anak-anak kita di di waktu tersebut baik itu tentang kecerdasan akademis, pengetahuan, etika (sopan santun) dan lain sebagainya. Salah satu hal yang perlu dikenalkan pada anak sejak dini adalah menabung. Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan ketika kita bisa membiasakan anak untuk selalu melakukan kegiatan ini, meskipun kadangkala harus dilakukan dengan telaten. 

 
Manfaat mengenalkan Menabung pada anak
 
Apabila kita mengenalkan manfaat menabung pada anak sejak dini, banyak manfaat yang akan didapatkan, antara lain:
1.     mengajarkan anak untuk bertanggung jawab
Dengan mengajarkan menabung, berarti kita juga mengajarkan anak untuk selalu bertanggung jawab dalam mengelola uang yang kita berikan pada mereka. Dan pada nantinya rasa tanggung jawab tersebut akan terbawa di kemudian hari sampai kelak mereka dewasa

2.     menumbuhkan sikap mandiri dan tidak tergantung pada orang lain  

Semakin terbiasa anak kita menabung, maka mereka akan selalu merasa memiliki simpanan yang bisa mereka gunakan untuk memenuhi (sebagian) kebutuhan mereka. Dan sedikit demi sedikit hal itu akan menumbuhkan kemandiriannya.

3.    Melatih anak untuk disiplin
Ketika kita mengajari anak untuk menabung maka akan memberikan pelajaran bagi mereka untuk disiplin  untuk selalu menyisihkan uang guna ditabung.  Dengan menabung secara rutin, maka rasa disiplin akan terus terpaku di benak mereka.

4.    Membiasakan anak Belajar Mengatur Uang Sendiri
Jika sedari kecil anak diajak belajar untuk menabung maka hal itu akan membuatnya belajar mengatur uangnya sendiri, khususnya kapan atau berapa jumlah uang yang akan ditabung dan jumlah uang yang akan digunakan untuk mereka jajan. Hal ini sangat baik untuk perkembangan otak anak tersebut.

5.    Anak menjadi lebih peduli
Menabung bisa membuat anak lebih peduli terhadap kebutuhan-kebutuhan mereka, sehingga pada saat meminta sesuatu tidak akan dilakukan dengan seenaknya.

6.    Menjadi terbiasa berhemat uang
Kebiasaan menabung yang ditumbuhkan sejak kecil akan membuat anak kita selalu berfikir untuk membelanjakan uangnya. Jadi ketika dihadapkan pada situasi dimana teman-teman mereka mengeluarkan uangnya demi jajan, mereka akan bisa menimbang dengan sendiri apakah mereka ikut jajan atau uangya disimpan dulu untuk ditabung

7.    Anak bisa Belajar Membuat Perencanaan Keuangan
Setiap anak pasti memiliki banyak keinginan, seperti ingin membeli mainan kesukaannya. Bagi orang tua yang tercukupi bisa saja mereka membelikan mainan tersebut dengan mudah. Namun anak tersebut tidak akan mendapatkan nilai apapun selain mainan kesukaannya. Untuk itu, bagi orang tua lebih baik menyarankan anak untuk menabung untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Sehingga dengan proses menabung akan memberikan nilai baik bagi anak tersebut untuk melakukan perencanaan keuangan serta perjuangan jika ingin mendapatkan sesuatu.

8.    Anak bisa Belajar Menghargai Uang
Manfaat terakhir menabung untuk anak yakni mereka akan belajar lebih menghargai uang. Anak akan ikut merasakan bagaimana susah dan lamanya untuk mengumpulkan uang. Dengan rajin menabung anak akan merasakan bahwa setiap rupiah sangat berarti untuk menambah uang tabungannya. Sehingga dengan begitu, anak akan belajar untuk menghargai uang yang mereka dapatkan dari orang tua. Mereka akan belajar berpikir untuk menggunakan uang saku sebaik mungkin.

9.    Anak akan bisa lebih mengetahuyi Pentingnya Peran Serta Orang Tua

Selain kelima manfaat di atas pasti masih banyak manfaat lainnya yang akan diperoleh anak, khususnya dalam mengelola keuangan. Tidak terkecuali peran serta orang tua dalam memberikan nasihat pentingnya peran orang tua menabung serta dorongan agar anak-anak mau belajar menabung sejak kecil. Dengan keikutsertaan peran orang tua dalam hal tersebut, diharapkan anak-anak dapat menabung dan mendapatkan manfaat dari menabung.

 
mengajarkan anak menabung
 
Cara Mengajarkan Anak untuk Menabung
 
Untuk mengajarkan anak agar bisa menabung secara rutin gampang- gampang susah. Ada anak yang langsung bisa melakukan tapi ada juga yang memerlukan pengawasan khusus sehingga mereka bisa melakukannya dengan kesadaran sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengajarkan anak menabung, di antaranya:
1.      Mengenalkan konsep uang secara bertahap
Mengenalkan uang pada anak bisa dimulai ketika mereka belajar berhitung. Kita bisa memberitahukan fungsi uang terlebih dahulu dengan kalimat-kalimat yang sederhana. Selanjutnya kita bisa mengajarkan tentang bentuk-bentuk uang, nilai setiap uang dan juga warna-warna atau gambarnya.  Selanjutnya bisa kita ajarkan perhitungan secara sederhana dengan media uang tersebut.

2.    MemBerikan Pemahaman tentang Kebutuhan, Keinginan, dan Harapan

Ada baiknya sejak dini anak kita diberikan pemahaman tentang arti kebutuhan, keinginan dan harapan agar mereka bisa lebih bijak dan paham bagaimana dan untuk apa uang mereka seharusnya dipergunakan. Apabila mereka bisa paham dengan ketiga pengertian di atas, maka mereka akan bisa menentukan prioritas ketika mengeluarkan dan menggunakan uang.

3.  Mengenalkan Perbedaan antara Menabung dan Belanja

Kita perlu mengenalkan perbedaan antara menabung dan berbelanja pada anak agar mereka tahu konsekwensi dari keduanya. Apabila anak sudah mengetahui tentang keuntungan dan manfaat yang akan didapatkannya dengan menabung dan bagaimana uangnya akan segera habis setelah dibelanjakan semuanya harapannya akan membuat anak memiliki pertimbangan untuk menyimpan atau menabung seluruh uangnya sekaligus.

4.  Memberi pengertian tentang  Tujuan menabung
Agar anak bersemangat dan berdisiplin dalam menabung, maka anak harus diberi pemahaman bahwa menabung merupakan cara untuk dapat mencapai tujuan yaitu membeli suatu barang tertentu. Jika mereka menginginkan suatu barang, ajak ia hitung berapa lama kira-kira ia harus menabung uang agar bisa mendapatkan barang tersebut. Ajarkan padanya setiap memperoleh uang saku, sisihkan sebagian ke dalam celengan miliknya. Dengan begitu ia pasti semakin rajin menabung. Bila uang yang terkumpul sudah cukup, maka beritahukan pada si kecil bahwa Ia dapat menggunakan uang tersebut untuk membeli barang yang diidamkan. Dengan demikian, anak akan merasa bahwa menabung memang bermanfaat.

5.  menjanjikan Sesuatu dari hasil tabungan
Apabila anak belum bisa secara sukarela menyisihkan uangnya untuk menabung, maka kita bisa menjanjikan sesuatu dari hasil tabungannya nanti.  Kita juga bisa ajak mereka patungan agar mereka semangat untuk menabung, intinya kita harus memberi mereka iming-iming agar mereka juga antusias menabung," katanya.

6.   mengenalkan menabung dengan bermain

Dunia anak-anak adalah dunia bermain, sehingga salah satu cara mengenalkan uang pada anak adalah dengan bermain bersama, seperti bermain monopoli.
Selain menyenangkan, permainan ini juga dapat mengajarkan anak untuk berhemat dan belajar menentukan prioritas kepentingan mana yang harus didulukan dalam mengeluarkan uang.
Secara tak sadar, anak juga belajar untuk memahami tentang keuangan dan menabung meskipun dilakukan sambil bermain.

7.   Membelikan Celengan sesuai dengan karakter yang mereka sukai

Ketika anak kita masih kecil, ayah dan bunda dapat mulai mengajarkan anak untuk menabung dengan cara yang paling sederhana yaitu menggunakan celengan. Cara ini akan sangat mudah dipahami dan untuk dapat menarik minat mereka, maka belikan celengan berbentuk lucu, seperti bentuk binatang atau tokoh kartun favoritnya. Bila perlu, ajaklah anak untuk memilih bentuk celengan yang mereka inginkan. Pasti anak akan menjadi lebih rajin mengisi celengannya setiap hari. Janjikan juga kepadanya untuk membelikan celengan baru yang lebih bagus jika celengan yang dimilikinya sudah terisi penuh.  

8.  Mengajak anak untukMembuka Rekening  Sendiri di Bank

Ini bisa dilakukan apabila usia anak telah cukup. Atau setidaknya masuk sekolah. Ajak dan kenalkan anak pada tabungan sejak dini sehingga mereka memiliki minat untuk menabung dan membuka rekening sendiri di sana. Jika memungkinkan, kenalkan juga pada anak berbagai produk perbankan lainnya agar mereka lebih paham dan kenal berbagai fasilitas perbankan.

9. Memberikan Anak Jatah Uang Bulanan
Membiasakan anak dalam mengatur dan menyimpan uang sendiri adalah cara yang tepat untuk mengajarkan anak mandiri untuk urusan keuangan sejak dini. Hal ini bisa juga dilakukan dengan memberi anak jatah uang bulanan. Dengan jumlah uang yang cukup, anak akan belajar untuk mengatur dan menggunakannya dengan sebaik mungkin. Berikan juga penghargaan jika ternyata anak dapat menyisihkan uang bulanannya untuk ditabung.

10. Mengajak anak untuk menyisihkan Uang Jajan
Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengajak anak agar rajin menabung yaitu dengan menyisihkan sebagian uang jajan yang kita berikan kepadanya. Kegiatan iti bisa kita lakukan tetapi dengan sepengetahuan anak kita agar mereka ia mengerti dan menerima pengurangan uang jajan tersebut. Hasil dari kegiatan ini bisa kita gunakan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan, misalnya peralatan sekolah, peralatan olah raga, dan lain sebagainya. Hal itu akan memberikan pengetahuan pada mereka bahwa dengan menabung, bisa digunakan untuk membeli barang-barang yang mereka butuhkan..

11. Mengajarkan pada anak Kebiasaan Mencatat dalam Keuangan

Sangat penting untuk mengajarkan anak bagaimana cara mengelola keuangan dengan rapi dan teratur. Salah satunya dengan membuat catatan rutin mengenai uang yang keluar dan yang masuk. Ajarkan anak untuk biasa melakukan ini dengan disiplin sehingga mereka tahu ke mana saja dan untuk apa saja uang dibelanjakan. Cara ini bisa membuat anak berhati-hati dalam mengeluarkan uang mereka sehingga mereka bisa berhemat dan menabung

12.  Mengajarkan Berinfak/ Beramal
Selagi mengenalkan uang dan mengajari menabung Anda juga bisa menyelipkan pelajaran mengenai beramal. Kita harus bisa mengajarkan anak untuk membantu orang lain/ beramal salah satunya dengan rutin menyisihkan uang dari tabungan untuk membantu sesama, seperti membantu panti asuhan ataupun, orang yang membutuhkan di sekitar kita.
 
13.  Memberi contoh yang baik
Salah satu hal yang tidak boleh ditinggalkan saat mengajarkan anak untuk menabung adalah memberi contoh pada mereka. Alangkah sia-sianya pembelajaran kitta untuk mengajak anak menabung tapi kita sendiri malah jarang menabung dan banyak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Alangkah baiknya kita juga ikut menabung bersama dengan mereka sehingga mereka merasa diberi teladan yang baik oleh kita.


0 comments:

Post a Comment